Latar belakang Program PPG UNMUS

Latar Belakang Program

Menjadi sebagai salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan berbagai daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), Merauke memerlukan perhatian yang serius dari pemerintah. Masalah yang dihadapi oleh masyarakat Merauke sangatlah komplek meliputi berbagi sektor dari pendidikan hingga ekonomi. Terlebih, provinsi Papua yang menurut data rilis dari BPS pada tahun 2019 memaparkan bahwa Papua menempati posisi paling rendah dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan nilai 60.06. Pemerintah melalui perpanjangan tangannya yaitu universitas perlu menghadirkan terobosan untuk dapat meningkatkan IPM khususnya di provinsi Papua. IPM yang rendah ditengarai disebabkan oleh kualitas dan infrastruktur pendidikan di daerah Papua.

Berkaitan dengan sektor pendidikan, terdapat berbagai permasalahan yang mendesak untuk diselesaikan. Salah satu dari masalah tersebut adalah tidak tersedianya program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Permasalahan ini menjadi krusial karena para guru yang mengajar di Merauke dan pedalaman Papua Selatan tidak memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan studi lanjut di Prodi PPG. Guru-guru tersebut terpaksa harus mengambil PPG di luar daerah/ pulau yang memberatkan mereka dari segi finansial. Universitas sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah harus dapat hadir dalam permasalahan ini untuk memberikan solusi terbaik bagi permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya penyediaan Prodi PPG. Dengan tersedianya program PPG diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru sehingga memiliki efek ganda terhadap kemajuan pendidikan di wilayah Papua, khususnya untuk turut serta meningkatkan IPM.

Secara terperinci, Pendidikan Profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Program Pendidikan Profesi Guru sendiri merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV non-kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah.

Sebagai tambahan, landasan penyelenggaraan PPG di Universitas Musamus adalah berdasarkan hal berikut:

  1.  UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  2. PP No. 19 Tahun 2003 perubahan PP No 32 Tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Nasional;
  3.  PP No. 74 Tahun 2008 tentang Guru;
  4. Permendiknas No. 8 Tahun 2009 perubahan Permendikbud No. 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.

Tujuan Program

Berdasarkan uraian permasalahan diatas, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melakukan inisiasi untuk mendirikan dan menjalankan program PPG dengan tujuan untuk membantu peran pemerintah dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas. Adapun tujuan program secara spesifik dituangkan dalam visi, misi, dan tujuan sebagai berikut:

  1. Visi

Program Studi Pendidikan Profesi Guru SPs Universitas Musamus memiliki visi “Rumah bagi pembangunan manusia di Papua yang unggul melalui penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru”. Dalam periode 2021-2025 secara bertahap visi ini difokuskan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia melalui jalur pendidikan dengan melaksanakan pendidikan profesi guru di tingkat nasional.

  1. Misi

Visi yang telah tercipta diamanatkan kepada Program Studi dengan melaksanakan misi yang mengacu pada Tri Dharma dan Indikator Kerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Musamus memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan program PPG dengan pendidikan profesi yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dan wawasan yang luas di bidangnya, mandiri, berkepribadian, dan berdaya saing tinggi pada tingkat nasional;
  2. Menyelenggarakan program PPG dengan penelitian tentang pendidikan profesi yang bermutu dan produktif yang berorientasi pada publikasi ilmiah nasional dan internasional;
  3. Menyelenggarakan program PPG dengan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian pendidikan profesi yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat;
  4. Menyelenggarakan program PPG yang mendukung IKU pada aspek Kualitas Lulusan (IKU 1) berupa memfasilitasi peserta PPG melaksanakan studi lanjut dengan perguruan tinggi mitra;
  5. Menyelenggarakan program PPG yang mendukung IKU pada aspek Kualitas Dosen (IKU 3) berupa mendukung pelaksanaan kolaborasi dengan perguruan tinggi mitra dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang bermutu dan bertaraf nasional-internasional;
  6. Menyelenggarakan program PPG yang mendukung IKU pada aspek Kualitas Dosen (IKU 4) berupa peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik yang berkualifikasi doktor;
  7. Menyelenggarakan program PPG yang mendukung IKU (IKU 5) pada aspek Kualitas Dosen berupa peningkatan kuantitas dan kualitas luaran penelitian dengan rekognisi internasional dan luaran pengabdian kepada masyarakat yang telah didiseminasikan;
  8. Menyelenggarakan program PPG yang mendukung IKU pada aspek Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran (IKU 6) dengan memperluas jejaring dengan mitra/ stakeholder di tingkat nasional dan daerah;
  9. Menyelenggarakan program PPG yang mendukung IKU pada aspek Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran (IKU 7) berupa peningkatan kualitas kurikulum berupa pengembangan mata kuliah yang berbasis pendekatan pemecahan kasus (case method) atau project-based learning sebagai bobot evaluasi.
  1. Tujuan

Berdasarkan misi yang diamanatkan, Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Musamus menetapkan tujuan lembaga yaitu:

  1. Menghasilkan guru profesional yang bersertifikat pada berbagai jenis bidang studi, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta NKRI, dan memiliki keunggulan kompetitif secara nasional;
  2. Menghasilkan guru profesional yang memiliki kemampuan akademik dan keahlian riset yang profesional;
  3. Menghasilkan inovasi dalam pengembangan profesi guru yang sesuai dengan kebutuhan dan inovasi pembelajaran di sekolah/ lembaga pendidikan di Indonesia;
  4. Menghasilkan berbagai bentuk kerjasama dan jejaring dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan PPG;
  5. Memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pelayanan pembelajaran PPG dengan kualitas dosen yang unggul;
  6. Menghasilkan guru profesional bersertifikat yang profesional sebagai kontribusi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia khususnya di Papua dan membantu memecahkan masalah pendidikan nasional;
  7. Menghasilkan guru profesional bersertifikat guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia khususnya di Papua melalui pendidikan persekolahan di tingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan atas.

Dalam melaksanakan visi, misi, dan tujuan, Prodi PPG melakukan langkah strategis untuk melaksanakan akselerasi dengan bekerja sama dengan mitra yang meliputi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Provinsi, Dinas Pendidikan, Kabupaten, dan Sekolah. Prodi PPG UNMUS memiliki rencana kerja untuk bekerja sama dengan mitra sebagai berikut:

  1. LPTK Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta;
  2. LPTK Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah;
  3. Provinsi Papua;
  4. Kabupaten Mappi;
  5. Kabupaten Boven Digoel;
  6. Kabupaten Asmat;
  7. Kabupaten Merauke
  8. Dinas Pendidikan Provinsi Papua;
  9. Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi;
  10. Dinas Pendidikan Kabupaten Boven Digoel;
  11. Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat;
  12. Dinas Pendidikan Kabupaten Merauke;
  13. Sekolah di Kabupaten Mappi;
  14. Sekolah di Kabupaten Boven Digoel;
  15. Sekolah di Kabupaten Asmat
  16. Sekolah di Kabupaten Merauke.