USUNG TEMA KKN “LITERASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT” WAREK I UNMUS : KITA SEMUA HARUS BISA BERKOLABORASI

USUNG TEMA KKN “LITERASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT” WAREK I UNMUS : KITA SEMUA HARUS BISA BERKOLABORASI

Merauke, Papua Selatan_ Wakil Rektor I Universitas Musamus Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si  melepas sebanyak 390 mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Musamus periode Februari – Maret 2023. Mahasiswa KKN yang dilepas hari ini sebelumnya telah mengikuti tahapan pembekalan KKN selama 2 hari yang diselenggarakan oleh LP2M Unmus.

Acara pelepasan berlangsung di lapangan Musamus Sai Universitas Musamus pada Senin, 20 Februari 2023. Mereka nantinya akan melaksanakan KKN selama satu bulan di 19 kampung (desa) yang tersebar pada 6 distrik pada wilayah pemerintahan Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I mengingatkan bahwa kehadiran mahasiswa itu untuk penyelesaian masalah, bukan menjadi sumber masalah tetapi menjadi bagian dari penyelesian masalah. “Penyelesaian masalah disini sesuai dengan bidang masing-masing. Siapa dari FKIP lihatlah apa itu permasalahan anak-anak calistum. Mahasiswa dari pertanian coba lihat apa potensi pertanian yang ada disana, bagaimana menggarap kebun, bagaimana menggarap pertanian, apakah bisa lahan-lahan itu dimaksimalkan. Semua itu bisa melalui ilmu-ilmu yang kalian sudah miliki selama semester 1 sampai dengan semester 5, ujarnya”. Lebih lanjutkan disampaikan bahwa “Apa yang ada di masyarakat tidak dapat akan bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah daerah, tidak dapat akan bisa diselesaikan oleh universits sendiri tetapi kita semua harus bisa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah itu”.

Wakil Bupati Merauke, H. Riduan, S.Sos., M.Pd yang turut hadir pada acara tersebut dalam sambutannya mewakili Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada seluruh sivitas Universitas Musamus yang terus membimbing generasi harapan bangsa sebagai cikal bakal pemimpin di masa yang akan datang. Kepada peserta KKN Wakil Bupati Merauke berpesan agar selalu menjaga kesehatan, menjaga nama baik almamater serta menjaga komunikasi yang baik terhadap siapapun di tempat pelaksanaan KKN nantinya, “Kalian harus bisa hidup dimanapun, apapun keadaannya harus bisa. Bantulah semua orang dan jangan bermalas-malasan karena inilah saatnya kalian menerapkan ilmu yang telah diajarkan” ungkapna.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga memberikan bantuan bahan makanan kepada peserta KKN serta berjanji untuk nantinya akan mengunjungi mahasiswa KKN di lokasih KKN masing-masing. Senada dengan apa yang disampaikan oleh Wakil Bupati, Ketua LP2M Unmus, Ir. Izak H. Wayangkau, S.T., M.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa setelah menempuh persyaratan 110 SKS serta telah mendaftar dan melengkapi segala syarat dan ketentuan yang ditetapkan. “Setelah kalian tiba di lokasi KKN agar selalu menjaga nama almamater karena apapun yang terjadi disana nantinya almamaer yang akan menjadi tolak ukur. Pesan kami yang pertama adalah almamater harus selalu dijaga karena nantinya ada adik-adik kalian yang akan melaksanakan KKN, yang kedua adalah sesuai dengan tema KKN yaitu Literasi Teknologi Tepat Guna Bagi Kehidupan Masyarakat maka diharapkan bagaimana mahasiswa dapat mengimplementasikan disiplin ilmu yang sudah didapat” pesan Izak.

Setelah memberikan sambutan-sambutan, Wakil Rektor I selanjutnya melepas mahasiwa KKN menuju ke lokasi KKN masing-masing dengan menumpangi kendaraan roda empat yang telah disiapkan oleh Panitia.

Turut serta menghadiri acara tersebut Wakil Bupati Merauke, Wakil Rektor, Para Dekan, Ketua LP2M, serta Para Dosen Pembimbing Lapangan. Hingga usainya rangkaian acara pelepasan mahasiswa KKN Unmus periode Februari-Maret 2023 dapat berjalan dengan lancar.

Penulis : P. Herwawan, S.Sos

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.2% Indonesia
United States 4.7% United States

Total:

89

Countries
050141
Today: 145
Yesterday: 160
This Week: 305
Last Week: 746
This Month: 2,261
Last Month: 3,821
Total: 50,141