MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI PAPUA SELATAN; UNMUS JALIN KERJA SAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI SE-PAPUA SELATAN

MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI PAPUA SELATAN; UNMUS JALIN KERJA SAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI SE-PAPUA SELATAN

Merauke, Papua Selatan_ Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang saat ini ada di Propinsi Papua Selatan maka Universitas Musamus (Unmus) memprakarsai kerjasama antara seluruh perguruan tinggi yang ada di provinsi Papua Selatan. Tujuan kerjasama ini adalah untuk berkolaborasi melalui rencana penandatanganan Kerjasama dan pembentukan konsorsium perguruan tinggi Papua Selatan demi memajukan dunia pendidikan khususnya di Papua Selatan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka pada hari Rabu, 1 Maret 2023 bertempat di ruang rapat Soter Nautje, berlangsung pertemuan bersama antara pimpinan seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Kabupaten Merauke dengan Rektor Unmus beserta jajarannya.

Rektor Unmus Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai sesama perguruan tinggi yang ada di Papua Selatan maka kita semua merupakan satu keluarga besar yang mempunyai misi yang sama yakni untuk pendidikan, sehingga dengan adanya rencana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan pembentukan konsorsium maka kedepannya Unmus diharapkan akan memberikan dukungan terutama kepada PTS dalam hal pengembangan institusi melalui sharing knowledge apa yang dimiliki Unmus kepada PTN/PTS maupun sebaliknya. Oleh karena itu Rektor berharap draft MoU yang telah dikirimkan ke masing-masing PTN/PTS dapat dipelajari sehingga perjanjian kerja sama ini kemudian dapat ditandatangani. Pada kesempatan tersebut semua pimpinan PTN/PTS yang hadir mengikuti pertemuan tersebut memberikan apresiasi serta berterimakasih kepada Unmus yang telah memprakarsai pertemuan ini. Para pimpinan PTN/PTS yang hadir menyatakan siap untuk menjalin kerja sama dalam rangka memajukan pendidikan di Papua Selatan. Berbagai kerjasama yang dapat dilakukan antara lain penjaminan mutu perguruan tinggi mengingat Unmus sendiri memiliki sumber daya yang mumpuni untuk hal tersebut, pengembangan sumber daya manusia serta berbagai kegiatan-kegiatan lainnya.

Hadir dalam pertemuan ini dari pihak Unmus antara lain Rektor, Para Warek Rektor, Para Dekan, Para Kepala Biro, Kepala Lembaga, Para Kepala UPT, sementara dalam pantauan yang hadir dari berbagai perguruan tinggi antara lain Pimpin Sekolah Tinggi Katolik (STK) Santo Yakobus, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) Yamra Merauke, Perwakilan Universitas Terbuka dan Universitas Cenderawasih Wilayah Merauke, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Karya Dharma Merauke, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Saint Theresia, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapis Merauke, Poltekes Kemenkes Prodi D-III Keperawatan Merauke, Akademi Kebidanan (Akbid) Yaleka Maro Merauke, Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK), Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Yaleka Maro serta Politeknik Pertanian Yasanto. Diakhir pertemuan disepakati untuk penandatangan MoU akan dilakukan bersamaan dengan pembentukan konsorsium perguruan tinggi wilayah Papua Selatan.

Penulis : P. Herwawan

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.2% Indonesia
United States 4.7% United States

Total:

89

Countries
050144
Today: 2
Yesterday: 146
This Week: 308
Last Week: 746
This Month: 2,264
Last Month: 3,821
Total: 50,144