KETUA PENGELOLAAN GEOGRAFI FORUM SILATURAHIM BOEMIPOETRA NUSANTARA SAMBANGI UNIVERSITAS MUSAMUS

KETUA PENGELOLAAN GEOGRAFI FORUM SILATURAHIM BOEMIPOETRA NUSANTARA SAMBANGI UNIVERSITAS MUSAMUS

Ketua Pengelolaan Geografi Forum Silaturahim Boemipoetra Nusantara (FSBN) Prof. Dr. Ir. Sobar Sutisna, M. Surv saat kunjungan ke Merauke dalam rangka pembentukan Dewan Pimpinan Wilayah FSBN di Papua menyempatkan waktu untuk menyambangi Universitas Musamus (Unmus) pada Jumat, 3 Februari 2023.

Dikutip dari https://fsbn.or.id/,“Forum Silaturahim Boemipoetra Nusantara dilatarbelakangi oleh kondisi bangsa yang memiliki kesenjangan ekonomi, kesenjangan sosial, kerawanan pangan, dan perkembangan lingkungan strategis Forum Silaturahim Boemipoetra Nusantara didirikan sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi bangsa saat ini, yang banyak ketimpangan sebagai bahaya bagi bangsa ini ke depan. Kegiatan Forum Silaturahim Boemipoetra Nusantara ini tidak ada kaitan dengan politik. Jadi kegiatan ini murni merupakan upaya penguatan kembali kaum pribumi untuk dapat menikmati hasil-hasil pembangunan yang berasal dari kekayaan bangsa ini”.

Kedatangan Prof. Dr. Ir. Sobar Sutisna, M. Surv ke Unmus adalah untuk memberikan kuliah umum dengan topik ‘Spin Over Dinamika Geopolitik Asia Timur Terhadap Indonesia Melalui Papua’. Kuliah umum dilaksanakan di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa  yangdihadiri oleh sivitas akademika Unmus. Rektor Unmus Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A dalam sambutannya mengatakan bahwa topik kulih umum saat ini sangatlah menarik karena saat ini di Papua kita lagi euforia dengan Otsus dan pemekaran, oleh sebab itu kita juga perlu mendapat informasi dan pengetahuan yang sifatnya akademik supaya kita tidak hanya mengetahui perubahan secara lokal tetapi juga mengetahui perubahan-perubahan secara global yang kapan saja akan terjadi.

Dipandu oleh Moderator Dr. Fitriani, S.Kom., M.Si (Staff Ahli Bidang Kerjasama dan Pengembangan Organisasi Universitas Musamus) kuliah umum diawali dengan pemaparan materi. Prof. Dr. Ir. Sobar Sutisna, M. Surv mengawali pemaparan materi dengan mengucapkan terimakasih kepada Rektor dan Jajaran yang telah memberikan kesempatan kepadanya melalui kuliah umum ini. Ia pun berharap bahwa mudah-mudahan melalui kesempatan ini Ia dapat sharing pengalaman yang pernah diperolehnya kepada cendekiawan yang akan mengawal Republik ini kedepan.

Dikatakan bahwa ‘kalau berbicara geopolitik itu aspeknya luas sekali, dan karena backround saya dari ilmu geomatika dan dalam perkembangannya banyak berbicara tentang geospatial intelligence sehingga apa yang akan saya paparkan adalah yang berkaitan dengan bagaimana konstalasi hubungan antara negara, bagaimana jaraknya, bagaimana perbedaan waktu. Itu semua menjadi parameter dalam percaturan geopolitik di dunia, khusunya di Asia timur ini dan kemudian bagaimana spin overnya melalui Papua sehingga mari kita pikirkan bersama-sama sebagai bangsa’ ungkapnya.

Peserta yang hadir begitu antusias dan serius mendengarkan materi yang dipaparkan. Hal tersebut terlihat pada saat sesi tanya-jawab ada begitu banyak peserta yang mengajukan pertanyaan namun beberapa diantaranya terpaksa tidak dapat terakomodir mengingat keterbatasan waktu. Pada penghujung acara dilakukan penyerahan plakat dan sertifikat dari Unmus yang diserahkan oleh Rektor kepada pemateri dan dilanjutkan dengan sesi foto Bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur pimpinan Unmus, Pemerintah Provinsi Papua Selatan, Pemerintah Kabupaten Merauke, TNI-POLRI, BAKAMLA, perwakilan dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di Kabupaten Merauke serta Organisasi Kepemudaan. Hingga usainya, acara kuliah umum ini dapat berlangsung dengan baik.

Penulis : P. Herwawan, S.,Sos.

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.2% Indonesia
United States 4.7% United States

Total:

89

Countries
050133
Today: 137
Yesterday: 160
This Week: 297
Last Week: 746
This Month: 2,253
Last Month: 3,821
Total: 50,133