PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL 2024

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di lingkungan Universitas Musamus dilaksanakan pada Selasa (21/5). Hal ini disebabkan karena tanggal 20 Mei 2024 bertepatan dengan libur fakultatif Papua Selatan dalam rangka hari Pentakosta II.

Upacara bendera memperingati Harkitnas dipimpin oleh Rektor Unmus, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A dan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Para Dekan, Kepala Biro, Kepala Lembaga, Kepala UPT serta dosen dan tendik di lingkungan Universitas Musamus.

Rektor dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang menekankan bahwa “Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi berbagai tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru”

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju "Indonesia Emas 2045"

Selain itu, Rektor juga mengingatkan peserta upacara sehubungan dengan terjadinya transisi status Universitas Musamus dari Satker ke Badan Layanan Umum sesuai Surat Keputusan Menteri Keuangan RI tanggal 25 April 2024 yang lalu.

Upacara bendera berlangsung dengan penuh hikmah dan dapat terselenggara dengan baik. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!

Penulis : P. Herwawan

Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Musamus Periode 2024-2025

Kamis, 16 Mei 2024 - Rektor Unmus yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Samel W. Ririhena, M.Si melantik Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM) Universitas Musamus Periode 2024 – 2025 bertempat di Gedung PKM Universitas Musamus. Dalam pelantikan, mereka yang dilantik antara lain Yoram Oagay dari Jurusan Teknik Elektro sebagai Presiden BEM dan Sultan Hasanuddin jurusan Pendidikan Ekonomi sebagai Wakil Presiden BEM yang dilengkapi dengan susunan kepengurusan untuk menjalankan program kerja untuk satu tahun ke depan.

Turut hadir dalam kesempatan ini antara lain dari Bagian Kemahasiswaan Universitas Musamus, para tamu undangan, demisioner BEM, dan perwakilan Ormawa se lingkungan Universitas Musamus. Wakil Rektor II dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Rektor "agar Presiden dan kabinetnya mampu membangun komunikasi yang baik melalui Bagian Kemahasiswaan kepada pimpinan sehingga seluruh aktifitas dapat berjalan".

Selanjutnya Presiden Mahasiswa terpilih yang baru dilantik juga dalam sambutannya menyampaikan keinginan untuk seluruh mahasiswa agar dapat mampu bersaing bukan hanya di Provinsi Papua Selatan tapi mampu bersaing secara Nasional melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

Acara pelantikan di tutup dengan foto bersama seluruh tamu undangan yang hadir, hingga selesainya acara berjalan dengan lancar.

Penulis : Verdinand C.K. Warayaan.

Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Universitas Musamus (Unmus) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan melakukan upacara di pimpin oleh Wakil Rektor I Dr. Daud Andang Pasalli, S.T., M.Eng sekaligus membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Upacara Hardiknas dihadiri oleh unsur pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan berlangsung di lapangan upacara Unmus (2/4/2024).  

Pada kesempatan ini Rektor Unmus tidak dapat menghadiri upacara Hardiknas karena pada saat yang bersamaan tengah menghadiri undangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi guna menerima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia bertempat di halaman lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta.

Hardiknas kali ini mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Ragam aktivitas dilakukan guna memeriahkan Hardiknas untuk menjaga dan membangkitkan semangat belajar masyarakat Indonesia. Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Rektor I pada intinya mengajak untuk bergerak bersama lewat dunia pendidikan sebagai pondasi untuk kemajuan bangsa, sekaligus menekankan agar semua pihak dapat terus mendukung program Merdeka Belajar. Semua itu dilakukan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk terus belajar dan berkembang. Hardiknas tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus menginspirasi dan memotivasi seluruh masyarakat Indonesia dalam mencapai cita-cita dan impian mereka melalui pendidikan. Semangat ini perlu terus dibangun dan dilestarikan, agar bangsa Indonesia dapat meraih kemajuan dan keberhasilan yang lebih baik di masa depan.

Wakil Rektor I juga menyampaikan perkembangan Unmus salah satunya adalah terkait Perubahan status Universitas Musamus dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 185 Tahun 2024 Tanggal 25 April 2024 Tentang Penetapan Universitas Siliwangi, Universitas Tidar, dan Universitas Musamus Pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Sebagai Instansi Pemerintah Yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Bertugas sebagai petugas dalam Upacara Hardiknas kali ini adalah dari unit Fakultas Teknik, sampai dengan selesainya Upacara Hardiknas berjalan dengan aman dan lancar.

 

Penulis : Urbanus A K. Yolmen.

UNMUS LULUSKAN 388 WISUDAWAN

Sabtu, 27 April 2024 bertempat di Ballroom SwissBell Hotel Merauke, Universitas Musamus kembali gelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Sarjana Angkatan XIV dan Pascasarjana Angkatan III Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024.

Proses Wisuda di buka oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A. P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si yang juga di hadiri oleh anggota senat lainnya. Pada acara wisuda kali ini yang juga disiarkan secara live di Youtube Universitas Musamus, diikuti sebanyak 388 lulusan yang terdiri dari 30 lulusan program pascasarjana dan 358 lulusan program sarjana. Adapun rincian jumlah tiap fakultas yaitu Fakultas Teknik 63 orang, Fakultas Pertanian 68 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 88 orang, FKIP 93 orang, FISIP 51 orang dan Fakultas Hukum 25 orang. Dari keseluruhan peserta wisuda, 21 orang mendapatkan hasil Cumlaude atau Pujian.

Rektor Unmus, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A dalam sambutannya melaporkan peningkatan signifikan jumlah lulusan dari tahun 2021 hingga 2024 yaitu berjumlah 3.200 lulusan. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kebijakan tata kelola manajemen maupun administrasi akademik yang dilaksanakan secara berjenjang sudah terlaksana dengan baik. Kebijakan pembayaran SPP 50% membantu banyak mahasiswa mempercepat proses penyelesaian studi. Peningkatan khusus juga terjadi pada jumlah lulusan mahasiswa OAP dari 88 orang periode November tahun lalu menjadi 109 orang pada periode April 2024.

Saya menyampaikan selamat untuk lulusan hari ini dan terus beritakan kabar baik tentang lulusan yang anda capai, anda sudah rasakan kuliah di Universitas Musamus ada hal-hal yang kurang berkenan selama 4 tahun kami mohon maaf dan jadikan itu sebagai pembelajaran hidup jangan jadikan itu sebagai hambatan yang mengambat anda untuk maju dan berkembang”, pesan Rektor.

Dalam kegiatan wisuda kali ini, disampaikan orasi ilmiah oleh Sri Murniani Angelina Letsoin, Ph.D dengan judul “Leveraging Technology for Human Resource Development in Southern Papua: Accelerating Progress in Papua Province”. Beliau merupakan Head of International Office (IO) Universitas Musamus yang baru dibentuk pada tahun ini. Dalam orasinya beliau berpesan kepada para wisudawan “Your hard work earns the day. It’s the time to celebrate. Have a little rest and be prepared for the next goal.”

Sampai akhir acara kegiatan berlangsung lancar dan tertib. Acara ini juga dihadiri oleh Senat Universitas Musamus, Para Pejabat di Lingkungan Universitas Musamus dan juga tamu undangan serta para orang tua atau wali para wisudawan. Selamat untuk para wisudawan, semoga sukses meraih semua mimpimu. Unmus be Excellent!

 

Penulis : Petrus Herwawan

Foto : Verdinand C.K. Warayaan

Unmus Raih Akreditasi Baik Sekali

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.1% Indonesia
United States 4.9% United States

Total:

89

Countries
054235
Today: 99
Yesterday: 95
This Week: 846
Last Week: 1,043
This Month: 3,119
Last Month: 3,236
Total: 54,235