Webinar Universitas Musamus 2020

Untuk pertama kalinya, Universitas Musamus (UNMUS) mengadakan seminar berbasis web (webinar) dengan tema Kolaborasi Akademisi dan Pemerintah Dalam Mempersiapkan Era New Normal Life di Masa Pandemi COVID-19. . Webinar ini merupakan kolaborasi Akademisi dan pemerintah, dengan narasumber antara lain Prof. Panut Mulyono, M. Eng, D.Eng, IPU, ASEAN Eng (Rektor Universitas Gajahmada), Prof. Dr. Dwia A.T. Palubuhu, M.A (Rektor Universitas Hasanudin), Frederikus Gebze, S.E., M.Si, (Bupati Kab. Merauke), Dr. H. Andi F.M Padjalangi, M.Si (Bupati Kab. Bone), Drs. Fitriani, S.Kom., M.Si (Dekan FISIP Unmus) serta Dr. Drs. Hardi Warsono, M.T.P (Dekan FISIP UNDIP). Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2020 pukul 10.00 – 12.30 WIT dengan dimoderatori oleh Dr. AP. Edoardus E. Maturbongs,S.Sos., MSi. Rektor Universitas Musamus, Prof. Dr. Philipus Betaubun, MT memberikan sambutan dalam pembukaan seminar.

webinar 1 a

webinar 2 a

Dalam seminar ini, Prof. Panut Mulyono, M.Eng, D.Eng menyampaikan perlu adanya Kerjasama antara pemerintah dan akademisi untuk Menyusun kebijakan-kebijakan yang tepat khususnya dalam bidang ketahanan Sosial Ekonomi, Bidang Ketahanan Pangan, BIdang Penguatan Desa, serta Bidang Ketahanan Industri Kecil dan Menengah dalam mempersiapkan New Normal Life. Prof. Dr. Dwia A.T menyampaikan agar Pemerintah perlu mengambil keputusan yang efisien dan tepat, Langkah pertama bisa dilakukan dengan edukasi kepada masyarakat bahwa mencegah itu lebih baik. Dr. Drs.Hardi Warsono menyampaikan tentang Syarat-syarat yang harus dipenuhi jika New Normal Life akan diterapkan di tengah-tengah masyarakat, Dr. Fitriani menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi antara pemerintah, akademisi swasta, masyarakat dan media untuk mewujudkan new normal yang sesuai.

webinar 3 a

 

webinar 4 a

Sementara itu Bupati Kabupaten Merauke, Frederikus Gebze, S.E., M.Si menyampaikan pentingnya Sinkronisasi atau sinergitas antara Pemerintah dan Akademisi diperlukan untuk hasil yang lebih baik. Dr. H. Andi F.M Padjalangi (Bupati Kabupaten Bone), menyampaikan agar Protokoler Kesehatan menjadi disiplin utama dalam penanganan pandemi.

Pneyerahan SK Program S2 Jurusan Administrasi Publik Unmus

Pada hari kamis, tanggal 30 Januari 2020 menjadi sejarah baru bagi Universitas Musamus Merauke karena  pada tanggal tersebut, Rektor Unmus Prof. Dr. Philipus Betaubun, MT menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71/M/2020 tentang izin pembukaan Program Studi Administrasi Publik Program Magister kepada Dekan FISIP, Dr. Fitriani, S.Kom., M.Si yang didampingi oleh Wakil Dekan Fisip, Dr. Alexander Phuk Tjilen., SE., M.Si.

S2 AP 1

Penyerahan SK tersebut berlangsung di ruang rapat Souter Nautje Lantai II Gedung Rektorat Universitas Musamus, dengan disaksikan oleh seluruh Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmus, dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan. Rektor Unmus ketika menyerahkan SK juga memberikan arahan-arahan untuk pelaksanaan program tersebut diantaranya melalui kegiatan promosi baik kepada Pemda Merauke maupun kepada masyarakat umum lulusan S1 yang telah terakreditasi.

S2 AP 2

Rencana penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada semester ganjil dan genap setiap tahun akademik, khusus untuk semester genap tahun akademik 2019 / 2020, penerimaan akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari  2020.

Kuliah Umum Bank Indonesia

BI KU 1 

Bank Indonesia selaku pemberi bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang dikenal dengan nama GenBI (generasi Bank Indonesia) melakukan kuliah umum di Universitas Musamus dengan tema : Peran Bank Indonesia Dalam Perekonomian Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin, 27 Januari 2020 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus, dengan narasumber Bapak Naek Tigor Sinaga selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, dan dimoderatori oleh Ibu Norce Mote, S.Si., M.Si.

BI KU 2

Acara ini dibuka oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Fransiskus X. Manggau, S.Kom., M.T. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya kedepan untuk Bank Indonesia dapat membantu untuk membina kewirausahaan bagi para mahasiswa di Universitas Musamus.

 BI KU 3

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua dalam pemaparan materinya langsung merespon apa yang diharapkan oleh Unmus dimana saat ini sedang dibangun pusat wirausaha Unmus, sehingga diharapkan pada saat peresmian bagunan-bangunan tersebut pihak BI juga diundang sehingga dapat dibuat MoU tentang kerjasama untuk pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa Unmus. Beliau juga memperkenalkan beberapa jenis uang elektronik yang sudah digunakan di Indonesia dan mendorong para mahasiswa untuk mulai menggunakan uang elektronik. Pada tahun ini, sebanyak 50 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari Bank Inodnesia, Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari berbagai jurusan yang berbeda dari 6 Fakultas yang ada di Unmus.

BI KU 4

Selain kuliah umum, acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan program sosial Bank Indonesia berupa BI Corner dari Bank Indonesia kepada Unmus serta penyerahan kepengurusan GenBI Papua Komisariat Merauke dari kepengurusan yang lama kepada kepengurusan yang baru dengan ketuanya Wisnu Ilham Mahmudi dari Fakultas Pertanian.

BI KU 5

 

Pelantikan Jabatan di Lingkungan Universitas Musamus

Sehubungan dengan berangkatnya beberapa dosen dan tendik yang harus melaksanakan tugas belajar, maka pada tanggal 16 Agustus 2019, bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unmus, dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah dari pejabat baru yang dilakukan di Gedung PKM Universitas Musamus. Sebanyak 25 orang dilantik untuk mengisi posisi jabatan yang kosong, yang terdiri dari Dekan (2 orang), Wakil Dekan (2 orang), Kepala UPT (1 orang), Sekretaris Lembaga (1 orang), Ketua Jurusan (6 orang), Sekretaris Jurusan (6 orang), Kepala Bagian (1 orang), Kepala Sub Bagian (5 orang) serta Kepala Laboratorium (1 orang).

pelantikan foto 1

Pelantikan dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Musamus, Prof. Dr. Philipus Betaubun. Hadir pula Unsur Pimpinan dan Keluarga para pejabat yang dilantik. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan agar para pejabat baru dapat memberikan kontribusi yang lebih baik  untuk dapat meneruskan prestasi yang telah dicapai oleh para pejabat terdahulu, dan diharapkan para pejabat dapat melaksanakan tugas dan fungsinya serta menjunjung tinggi kode etik.

pelantikan foto 2

pelantikan foto 3

pelantikan foto 4

Wisuda Angkatan IX Gelombang II 2019

Tanggal 29 Juni 2019, bertempat di Gedung PKM, Universitas Musamus kembali melaksanakan wisuda program sarjana.Wisuda kali ini adalah untuk ke-18 kalinya Unmus menghasilkan lulusan dari berbagai disiplin ilmu yang terdapat di 6 Fakultas di Unmus.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda1.jpg

Pada wisuda angkatan IX gelombang 2 ini, jumlah wisudawan sebanyak 178 orang dengan rincian 51 wisudawan dari Fakultas Teknik, 19 wisudawan dari Fakultas Pertanian, 18 wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 56 wisudawan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, 15 wisudawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta 19 wisudawan dari Fakultas Hukum. Sementara jumlah mahasiswa yang lulus dengan pujian berjumlah 9 orang yaitu Reza Jonatan, S.H (Jurusan Ilmu Hukum), Fransiska Jaftoran, S.H (Jurusan Ilmu Hukum), Ria Nurmalia Umar, S.E (Jurusan Akuntansi), Sri Ani, S.E (Jurusan Ekonomi Pembangunan), Novia Christi Damanaik, S.E (Jurusan Akuntansi), Dea Alfira Gunita, S.E (Jurusan Akuntansi), Heience, S.H (Jurusan Ilmu Hukum), Rizka Yuditia Andriani, S.E (Jurusan Ekonomi Pembangunan), Mahadan E. Haezer Sinaga S.H.(Jurusan Ilmu Hukum).  Diantara para wisudawan, terdapat 98 wisudawan yang merupakan penerima beasiswa Bidik Misi.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda2.jpg

Dalam sambutannya, Rektor berharap agar Pemda Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel dapat bekerjasama dengan Unmus di antaranya dalam hal peningkatan kualitas guru dimana Unmus telah dapat melaksanakan PPG untuk meningkatkan kualitas guru. Selain itu, Unmus juga telah menjadi penilai akreditasi jenjang SD, SMP, dan SMA di Merauke. Rektor mengajak pula Pemda Merauke untuk berkolaborasi dalam rangka membantu meningkatkan kualitas sekolah yang akreditasinya belum memenuhi nilai yang mencukupi untuk akreditasi. Beliau juga meminta para alumni untuk tidak lupa mengisi tracer study untuk membantu Unmus dalam merekam lulusannya yang telah ikut serta aktif dalam pembangunan melalui pekerjaan dan profesi yang dijalaninya. Di samping itu, Rektor menyampaikan tentang penerimaan CPNS 2018 di mana Unmus mendapatkan 89 tenaga CPNS baru, beliau mengharapkan banyak putra-putri asli Papua yang akan mengisi formasi khusus Putra-Putri Asli Papua pada penerimaan CPNS agar lebih banyak lagi putra putri Papua yang dapat ikut serta dalam pembangunan nasional melalui Pendidikan Tinggi. Tidak lupa Rektor menguacapkan selamat kepada para wisudawan dan keluarganya, serta berterimakasih kepada Pemda, Polri, TNI, Bank Mandiri, Medco, Telkom, Telkomsel yang telah menerima alumni Unmus untuk bergabung sebagai PNS atau karyawan di lembaga-lembaga tersebut.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda3.jpg

Sambutan juga diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke yang kali ini diwakili oleh Asisten I Bupati Bidang Pemerintahan, Bapak Joko Guritno, yang menyampaikan bahwa pemberian bantuan beasiswa kepada mahasiswa asli Papua harus mengikuti ketentuan dari Pemerintah Pusat, karena pengawasan tidak hanya dilakukan oleh BPK, tetapi juga KPK. Mengenai CPNS, sistem yang digunakan adalah sistem pendaftaran dan tes online mengikuti peraturan dari pemerintah pusat, dan Pemda Kabupaten Merauke hanya melaksanakannya. Kepada alumni, beliau menyampaikan agar wisudawan tidak hanya berpikir untuk bekerja pada instansi pemerintah atau swasta, tetapi dapat membangun usaha sendiri dan mempekerjakan tenaga-tenaga lain sehingga alumni merupakan solusi bagi masalah-masalah di tengah masyarakat.  Beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan keluarga atas keberhasilan yang telah dicapai.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda4.jpg

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini4
Minggu Ini2528
Bulan Ini4
Total1224956

IP Anda : 18.207.102.38 01 November 2020
Powered by CoalaWeb