Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual bagi Dosen di Lingkungan Universitas Musamus Tahun 2018

Pada tanggal 26 Januari 2018 di ruang Souter Nautje, dilaksanakan sosialisasi tentang Hak Kekayaan Intelektual bagi dosen di lingkungan Unmus. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para dosen tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Haki20181

Pemateri dalam kegiatan ini adalah bapak Yulius Manurung, SH, MH, Kasubbid Pelayanan Administrasi Hukum Umum dan Kekayaan Intelektual, Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Papua.  Belaiu menyampaikan materi tentang HKI yang meliputi Konsep Dasar HKI, Ruang Lingkup HKI, Bentuk-bentuk HKI, serta Prosedur dan Proses Pengurusan HKI. Materi ini bermanfaat bagi dosen yang ingin mengembangkan penelitiannya sehingga tercapai suatu penemuan baru atau produk baru yang terlindungi melalui HKI.

Haki20182

Haki20183b

 

KKN ANGKATAN XII UNMUS 2018

Bertempat di  Gedung PKM, pada hari Rabu, 24 Januari 2018, UNMUS melaksanakan upacara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XXII  Tahun Akademik 2017/2018 periode Januari-Februari 2018 yang akan dilaksanakan tanggal 24 Januari hingga 24 Februari 2018. Kali ini UNMUS menerjunkan 155 mahasiswa yang ditempatkan pada 4 distrik di Kabupaten Merauke yang tersebar di 10 kampung yaitu Kampung Domande, Kampung Kaiburse, Kampung Onggari, Kampung Ivimahad, Kampung Telagasari, Kampung Wapeko, Kampung Senayu, Kampung Tambat, Kampung Kumbe dan Kampung Bersih Hati. Ke-155 mahasiswa KKN ini berasal dari Fakultas Teknik 14 orang, Fakultas Pertanian 75 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 13 orang, FKIP 34 orang, FISIP 11 orang serta Fakultas Hukum 8 orang. Selama melaksanakan KKN mereka akan didampingi oleh 10 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL) sebagai pembimbing mereka.

KKNAngXII20181

Upacara pelepasan ini dilaksanakan setelah sebelumnya selama tiga hari telah dilaksanakan pembekalan terhadap seluruh mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKN dan diharapkan melalui kegiatan KKN ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya yang berdomisili di tempat tujuan KKN karena perguruan tinggi sesungguhnya baru bermakna ketika ia hadir serta memberikan arti di tengah masyarakat. Demikian harapan yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Mulyadi Tadjuddin, SH.,MH ketika menyampaikan laporannya.

KKNAngXII20182

Ketua Lembaga Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Drs. Jayadi, MT ketika memberikan arahannya menegaskan bahwa kegiatan KKN juga merupakan mata kuliah, hanya saja dipindahkan tempatnya bukan di kampus, tetapi di tengah-tengah masyarakat. Oleh karenanya, setiap peserta harus berperilaku selayaknya berada di lingkungan kampus, baik cara bersosialisasi maupun cara berbusana. Selama kurang lebih 85-86 jam kerja, peserta KKN diharapkan mampu untuk berbagi ilmu yang dimiliki kepada masyarakat dan juga dapat belajar dari kehidupan masyarakat, serta dapat memberdayakan masyarakat di lokasi KKN seperti  menumbuhkan unit-unit usaha kreatif masyarakat yang nantinya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

KKNAngXII20183

Sambutan juga diberikan oleh wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Yosehi Mekiuw, SP, M.Sc. mewakili Rektor Universitas Musamus, Beliau agar  setiap mahasiswa harus menjaga nama baik almamater dan menjaga kesehatan selama KKN, sehingga dapat menyelesaikan tugas pengabdiannya dengan baik. Beliau juga secara resmi melepas keberangkatan mahasiswa peserta KKN periode XII tahun 2018.

KKNAngXII20184

Usai upacara pelepasan, peserta KKN langsung menuju kendaraan yang telah disiapkan oleh panitia menuju ke tempat tujuan masing-masing.

KKNAngXII20185

PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL PADA JURNAL TERINDEKS SCOPUS TAHUN 2018

Untuk dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun artikel yang terindeks Scopus, Universitas Musamus menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Artikel pada Jurnal Terindeks Scopus pada tanggal 11 dan 12 Januari 2018 bertempat di Ruang Souter Nautje, Universitas Musamus. Pelatihan diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unmus dengan pemateri Dr. Anwar Mallongi dari Universitas Hasanuddin. Peserta pelatihan yang secara intens mengikuti kegiatan ini adalah sekitar 30 orang dosen Unmus.

Scopus20181

Scopus20182

Scopus20183

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN TIM PENYUSUNAN KKNI FKIP

Pada tanggal 11 – 13 Desember 2017, dilaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Tim Penyusunan KKNI, bertempat di Ruang Rapat Dekanat Universitas Musamus. Tim pendamping tersebut antara lain  Dr.Syahruddin, M.Kes, Drs. Muh. Jasri Djangi, M.Si, Drs. Abdul Haris, M.Si, Dr. Rusmayadi, Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si, serta Dr. Sukardi Weda, S.S., M.Hum.

kknifkip20171

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Yenni P. Pasaribu, S.T., M.Si. Setiap jurusan mendapat pendampingnya masing-masing antara lain Dr. Syahruddin, M.Kes. memberikan pendampingan pada jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Drs. Muh. Jasri Djangi, M.Si yang memberikan pendampingan pada jurusan Fisika, Drs. Abdul Haris, M.Si. yang memberikan pendampingan pada jurusan Kimia, Dr. Rusmayadi yang memberikan pendampingan pada jurusan PGSD, Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si yang memberikan pendampingan pada jurusan PG PAUD, serta Dr. Sukardi Weda, S.S., M.Hum. yang memberikan pendampingan pada jurusan Sastra Inggris.

kknifkip20172

kknifkip20174

kknifkip20175

kknifkip20176

 

WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN

Guna membangun dan mengembangkan semangat dan potensi kreativitas serta semangat kewirausahaan mahasiswa Universitas Musamus, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua bersama Unmus melaksanakan workshop kewirausahaan yang diadakan di Gedung PKM Unmus pada tanggal 28 November 2017 bertemakan “Inspirasi Pemuda Membangun Negeri”.

kewirausahaan20171

Kegiatan ini menghadirkan tiga nara sumber berpengalaman yang kini telah menjadi wirausahawan sukses, yaitu ibu Suti Yani / Mama Yani (pengusaha minyak kayu putih, usaha penjualan buah merah dan usaha ikan kering gastor dari Yanggandur), ibu Maria Maghdalena P.M (wirausaha pembuatan Piring Lidi dari Samkai), serta ibu Merry Riana yang bergerak di bidang jasa keuangan. Dalam kegiatan ini disampaikan bahwa setiap orang mampu bila ada kemauan, yang awalnya impossible menjadi possible, yaitu dengan berani bermimpi besar, berani mengambil langkah pertama, melangkah dengan cerdas, melangkah sampai tuntas, melangkah dengan ikhlas.

kewirausahaan20172

kewirausahaan20173

kewirausahaan20174

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini190
Minggu Ini1943
Bulan Ini15374
Total661027

IP Anda : 54.196.31.117 21 Juli 2018
Powered by CoalaWeb