Seminar Nasional III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmus

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musamus untuk ketiga kalinya menyelenggarakan seminar Nasional. Seminar Nasional kali ini digelar di gedung PKM UNMUS pada hari Kamis, 03 Mei 2018 dengan tema “Perempuan dalam dinamika politik dan pembangunan bangsa”.

Semnas III Fisip 2018 01

Dekan Fakultas FISIP, Dr. Fitriani, S.Kom., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar kali ini merupakan kelanjutan dari seminar-seminar sebelumnya dimana pada seminar-seminar sebelumnya pun FISIP mendatangkan narasumber yang berkompeten sesuai dengan tema yang diusung. Menurutnya, lambang Musamus jangan hanya dilihat secara subjektif tetapi harus dilihat secara objektif yaitu hasil kerja dari semut berupa rumahnya yang dalam bahasa suku marind disebut Bomi ( rumah semut ). Melalui kesempatan ini, beliau juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia yang begitu bersemangat dalam mensukseskan kegiatan ini. Insya Allah, tahun 2019 kita akan menggelar seminar Nasional yang ke-4.

Semnas III Fisip 2018 02

Sementara itu, Wakil Rektor I ketika membuka penyelenggaraan seminar mengatakan bahwa saat ini secara institusi UNMUS telah mendapat predikat B, sementara untuk PRODI 70% berakreditasi B. Saat ini UNMUS sementara bekerja untuk menaikan pencapaiannya dengan berupaya untuk menjadi perguruan tinggi dengan akreditasi yang lebih meningkat. Untuk pengembangan kedepan, UNMUS akan mendirikan 14 lembaga sertifikasi profesi. Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada FISIP yang sukses menyelenggarkan seminar Nasional un tuk yang ketiga kalinya.

Semnas III Fisip 2018 03

Narasumber yang dihadirkan ialah Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dr. Pribudiarta Nur Sitepu, MM mewakili Ibu Menteri yang berhalangan hadir karena harus mengikuti rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 di istana Bogor, Kepala Dinas Lingkunan Hidup Merauke, Ir. Harmini, M.Si, dan Activis Perempuan Papua, Beatrix Gebze.
Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan bahwa ternyata gambaran meningkatnya partisipasi politik perempuan jika dibandingkan dengan masa lalu tidak selalu berbanding lurus dengan keterpilihan perempuan dalam parlemen. Hasil Pemilu Legislatif dalam Pemilu 2014 yang baru lalu memperlihatan kuota 30% keterwakilan perempuan di parlemen masih rendah, dan bahkan semakin memburuk jika dibandingan dengan pemilu sebelumnya. Pada pemilu 2009 proporsi anggota parlemen perempuan mencapai18,2% sementara pada pemilu yang baru lalu keadaannya justru menurun menjadi17,3%.

Semnas III Fisip 2018 04

Sementara Ir. Hermini, M.Si selaku pembicara kedua lewat materinya yang berjudul Wanita dan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan mengatakan Peranan wanita dalam pembangunan adalah hak dan kewajiban yang dijalankan oleh wanita pada status atau kedudukan tertentu dalam pembangunan, baik pembangunan di bidang politik, ekonomi, sosial budaya maupun pembangunan di bidang pertahanan dan keamanan, baik di dalam keluarga maupun di dalam masyarakat.
Diakui selama ini ada anggapan bahwa kualitas perempuan dalam pembangunan masih sangat rendah, yang menyebabkan peran kaum perempuan tertinggal dalam segala hal.
Sementara Beatrix Gebze selaku activis perempuan mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman dokumentasi kekerasan terhadap perempuan di seluruh Tanah Papua pada Tahun 2009 maka sudah di bentuk organisasi perempuan yang bernama Jaringan Kerja HAM Perempuan Papua (TIKI). Dan dokumentasi SA ADA DISINI. Terbentuklah PWG, Perempuan di Papua khususnya perempuan Papua sudah mulai memahami tentang demokrasi, misalnya perempuan sudah mulai bergabung di partai-partai politik. Dan melibatkan diri menjadi pemimpin di kampung.
Setelah pemaparan materi oleh masing-masing narasumber, acara dilanjutkan dengan babak tanya-jawab. Para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya terkait dengan materi yang sudah dipaparkan.

Semnas III Fisip 2018 05

Acara kemudian diakhiri dengan penyerahan plakat dan sertifikat kepada narasumber dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Semnas III Fisip 2018 06

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini480
Minggu Ini4179
Bulan Ini5391
Total765528

IP Anda : 54.84.236.168 09 Desember 2018
Powered by CoalaWeb