Penutupan PKKMB Tahun 2017

penutupanpkkmb1Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2017 di Universitas Musamus yang dilaksanakan sejak tanggal 7 Agustus 2017 secara resmi ditutup oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Intan Ahmad. Acara penutupan dilaksanakan pada hari Senin, 21 Agustus 2017 yang dihadiri oleh setidaknya 98 Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, Bupati Merauke, Sekda Kabupaten Mappi, perwakilan Pemda Asmat dan Boven Digoel.

penutupanpkkmb2

Ir. Vincentius Jamlean yang menjabat sebagai Sekda Kabupaten Mappi menyampaikan pesan yang dititipkan oleh Bupati Mappi yang karena kesibukannya tidak dapat menghadiri acara ini. Melalui Sekda, Bupati Mappi berpesan kepada seluruh rektor yang hadir bahwa Pemerintah Daerah Mappi siap bekerjasama dengan PTN yang ada terutama untuk meningkatkan SDM di Mappi. Menurutnya, alam Papua melimpah dengan sumber daya akan tetapi jika tidak ditunjang dengan sumber daya manusia yang baik maka pembangunan akan terhambat. Saat ini Pemda Mappi juga sangat memerlukan tenaga guru yang berkualitas.

penutupanpkkmb3

Acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unmus, yang memperkenalkan sejarah dan filosofi Unmus kepada para tamu undangan. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di Unmus adalah mahasiswa yang berasal dari Sabang sampai Merauke yang dalam kehidupan di kampus telah menjadi satu keluarga. Bahwa dimana-mana terjadi gejolak, akan tetapi di Merauke tetap menjaga keutuhan NKRI, dan Merauke adalah Indonesia mini karena hampir semua bagian dari adat dan budaya Indonesia ada disini. Pergelaran budaya Nusantara juga merupakan bagian dari acara penutupan PKKMB yang telah dilaksanakan dari tahun ke tahun, jadi bukan hanya tampil karena kedatangan tamu Dirjendan para rektor. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kepada budaya daerah masing-masing yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Setelah sambutan rektor, acara dilanjutkan dengan Deklarasi Keluarga Mahasiswa Unmus untuk selalu hidup berdampingan dan selalu menjaga perdamaian dan selalu setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.penutupanpkkmb4

Puncak acara penutupan diisi dengan menampilkan pentas budaya Nusantara oleh perwakilan etnis yang ada di kabupaten Merauke yaitu Marind, JawaTimur, Ambon, Muyu-Mandobo, Batak, Manado, Kei, Wamena, Asmat, Jawa Tengah, Bugis, Makassar, NTT, Yakai, Auyu, Buton, Sunda, Toraja, Ternate, Papua Utara dan Papua barat, Tepa, dan Tanimbar. Sampai akhir kegiatan tahunan ini berjalan dengan aman dan lancar berkat kerjasama yang baikdari panitia penyelenggara maupun setiap peserta PKKMB.Para tamu yang hadir sangat menikmati setiap pertunjukan yang ditampilkan oleh mahasiswa baru dalam bentuk tarian adat masing-masing daerah, bahkan para tamu undangan tak jarang ikut turun ke arena untuk menari bersama.

penutupanpkkmb5

penutupanpkkmb6

penutupanpkkmb7

penutupanpkkmb8

penutupanpkkmb9

penutupanpkkmb10

penutupanpkkmb11

penutupanpkkmb12

 

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini238
Minggu Ini1817
Bulan Ini14065
Total446618

IP Anda : 107.22.118.242 20 September 2017
Powered by CoalaWeb