Kuliah Umum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

kulumfkip1Pada hari Jumat, 18 Agustus 2017, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan rombongan berkenan mengunjungi Universitas Musamus (Unmus) dalam rangka kunjungan kerja terkait kegiatan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Merauke. Kesempatan kunjungannya kali ini, beliau berkenan menberikan kuliah umum dengan tema “Mewujudkan Pendidikan Tinggi yang Berkualitas di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”.

Sebelum memulai perkuliahan umum, Rektor Unmus Dr. Philipus Betaubun, berkenan memperkenalkan sejarah dan filosofi berdirinya Universitas Musamus. Disamping itu, Rektor Unmus juga menyampaikan program pencangkokan mahasiswa S1 yang pernah dijalankan agar dapat diagendakan kembali untuk dilaksanakan. Beliau menyampaikan pula tentang program PPG yang sampai sekarang belum disetujui dan memohon agar dapat dibantu dalam proses pengajuan program PPG ini. Disampaikan pula harapan beliau tentang tidak lanjut kerjasama dalam penelitian bersama, KKN bersama dan jurnal terindeks Scopus.

kulumfkip2

Selanjutnya dalam sambutan Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., menyampaikan bahwa mengenai program PPG beliau akan membantu menyampaikan kondisi yang ada lewat forum LPTK. Demikian pula untuk program KKN bersama dan studi lanjut, pihak UNY akan mendukung pelaksanaannya sehingga apa yang diharapkan bersama dapat tercapai.

kulumfkip3

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Rektor UNY dengan dipandu oleh moderator Dekan FKIP Unmus, Yenni P. Pasaribu, ST, M.Si. Berdasarkan data BPS (2015), tenaga kerja Indonesia dengan kualifikasi pendidikan tinggi berjumlah 11.01%, kualifikasi pendidikan menengah tenaga kerja Indonesia hanya 26,69% dan mayoritas tenaga kerja berkualifikasi pendidikan dasar (62,3%). Karena itu di era MEA dapat dipastikan Tenaga Kerja Asing (TKA) akan membanjiri dunia kerja di Indonesia dan apa yang harus kita persiapkan untuk menghadapi tantangan ini. Oleh karenanya Kemristekdikti dalam rangka mewujudkan pendidikan tinggi yang berkualitas di era MEA, memiliki fokus pada :

  1. Perguruan tinggi sebagai penghasil tenaga kerja terampil dan berkarakter serta inovasi yang memiliki daya saing industri dalam dan luar negeri.
  2. Perguruan tinggi sebagai penggerak ekonomi berbasis inovasi.
  3. Perguruan tinggi memiliki daya saing yang tinggi.

Strategi yang ditawarkan menghadapi MEA adalah meningkatkan peran perguruan tinggi dalam penguatan daya saing global. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan meningkatkan peran civitas akademika dalam pembangunan manusia yang handal dan IPTEK yang mensejahterakan.

kulumfkip4

kulumfkip5

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini239
Minggu Ini1818
Bulan Ini14066
Total446619

IP Anda : 107.22.118.242 20 September 2017
Powered by CoalaWeb