Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila ke 72

pancasila1Tanggal 1 Juni merupakan hari yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai hari Lahirnya Pancasila. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena di tahun 2017 ini untuk pertama kalinya tanggal 1 Juni telah ditetapkan sebagai hari libur nasional dan diperingati dalam bentuk Upacara Bendera.Tidak ketinggalan pula Universitas Musamus menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila. Bertempat di lapangan PKM UNMUS, sekitar kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa di lingkungan Universitas Musamus mengikuti jalannya upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila ke-72. Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2017 mengusung tema :

 

 Revitalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

pancasila2Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNMUS, Drs. Jayadi, MT. Inspektur upacara membacakan pidato Presiden Republik Indonesia yang pada intinya meminta semua elemen bangsa untuk meningkatkan pengamalan Pancasila. Presiden juga mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah kodrat keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman. Berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, berbagai adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhinneka Tunggal Ika kita. Melalui upacara peringatan hari lahirnya Pancasila ini diharapkan dapat meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Seluruh peserta yang hadir dengan saksama mendengarkan pidato Presiden yang dibacakan oleh Inspektur upacara sampai dengan selesai. Pelaksanaan upacara bendera berlangsung dengan aman dan tertib.

Mengutip kembali akhir pidato Presiden Joko Widodo yang dibacakan : Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

pancasila3

pancasila4

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini25
Minggu Ini3505
Bulan Ini11598
Total487249

IP Anda : 54.224.18.114 19 November 2017
Powered by CoalaWeb